LITERASI (Mari Budayakan Membaca dan Menulis)

LITERASI - Apa kabar sobat pembaca semua, salam jumpa dari saya...
Mari kita mulai artikel pada kesempatan kali ini dengan sebuah pertanyaan...???

Sesuai dengan judul yang saya tulis di atas pertanyaan yang ingin saya tanyakan adalah mengenai LITERASI,

APA ITU LITERASI...???

Secara sederhana literasi  adalah  kemampuan membaca dan menulis...??? YA kemampuan dalam memahami dan mempergunakan bahasa tertulis.
 Sebelum itu kita sedikit mundur pembahasanya beberapa tokoh dunia salah satunya presiden AS yang ke 36 berkata begini 'Jawaban dari semua masalah yang ada di dunia ini terletak pada satu kata yaitu "PENDIDIKAN" atau dalam pendapat lain 'PENDIDIKAN BUKANLAH SEGALA-GALANYA TAPI SEGALA-GALANYA BISA DIRAIH MELALUI PENDIDIKAN' / "NEVER ENDING EDUCATION"

Lalu apa kaitanya dengan literasi, literasi (membaca) adalah jantungnya pendidikan... literasi (membaca) memiliki peranan yang sangat - sangat vital salah satu penentu atau indikator kualitas pendidikan, karena semua proses belajar dalam pendidikan di dasarkan melalui kemampuan seseorang dalam membaca.

Namun secara luas kata LITERASI itu memiliki makna yang luas, literasi erat kaitanya dengan semua yang berbau baca dan tulis, nah sekarang pengertian literasi kita persempit menjadi baca dan tulis.



 
Dalam sejarah agama islam di perang badar kaum muslimin mendapatkan kemenangan telak sehingga banyak diantaranya tawanan perang yang ditahan, dalam aturan peperangan seorang yang telah memenangkan sebuah pertempuran mempunyai hak untuk mendapatkan tebusan bisa berupa harta maupun benda namun justru

"Rasulullah menawarkan para tawanan kaum Quraisy yang pandai tulis-baca dengan menebus dirinya dengan mengajarkan tulis baca kepada 10 orang anak Madinah.
MENGAPA ?  Apa urgensi LITERASI pada jaman itu sehingga Rasulullah lebih memilihnya ketimbang harta tebusan yang tinggi?
Mengapa bukan pengetahuan dan ketrampilan yang lain yang lebih relevan untuk jaman itu"


Iya benar sekali membaca maupun menulis pada kenyataanya memiliki peran yang sangat vital dalam menentukan peradaban suatu negeri, mari sekali lagi kita balajar dari sejarah masa lalu;
 Banyak contoh negara ataupun bangsa yang memliki perdaban yang maju melainkan bersama itu pula banyak ter include di dalamnya terdapat para penulis ataupun pembaca. Sobat boleh lihat seperti apa mesir, arab, palestina atau negara - negara di timur tengah atau mungkin bisa kita lihat juga di asia seperti cina,korea bahkan negara tercinta kita indonesia dengan berbagai peninggalan kekayaan akan perdaban.

Pertanyaan selanjutnya bagaimana dengan indonesia kita dewasa ini,
Apakah memiliki sdm - sdm yang mumpuni di bidang karya tulis maupun membaca?
Apakah anak - anak sekolah kita sudah rajin membaca?
Apakah pemerintah sudah memfasilitasi perpustakaan yang layak untuk kita membaca?














Sebenarnya bagi kebanyakan orang bukanlah hal yang sulit mencari bahan - bahan literasi untuk membuat karya yang bermanfaat, sobat bisa mencari di potongan - potongan koran atu bisa juga berkunjung dunia maya, situs maupun blog

Faktanya sungguh begitu miris melihat minat pelajar indonesia yang menduduki peringkat bawah, barangkali itu juga yang menjadikan bangsa ini menjadi sulit beranjak dari negara berkembang itu terjadi karena sudah secara sistematis bangsa kita lemah dalam hal literasi. 


Beberapa wilayah sudah ada yang memulai untuk menggiatkan kembali budaya literasi ini namun itu masih dalam lingkup yang kecil, maka dari itu kepada sobat semua saya mengajak mari kita ramaikan lagi bangsa dan negara tercinta ini dengan budaya membaca dan menulis.

Sejarah itu ada karena adanya peninggalan - pininggalan dan salah satu peninggalan yang dengan mudah kita tinggalkan adalah dengan menulis, menulis itu bisa apa saja macamnya, bisa melalui sebuah puisi, menulis cerpen, novel, buku beografi, pengetahuan, enterpruener, kuliner, edukasi dan masih banyak yang lainya dalam menulis tulisan bisa kita tuangkan melalui secarik kertas, buku, medsos, blog maupun website pastinya tulisan yang kita buat adalah tulisan yang bermanfaat dan inspiratif sobat.



















Sumber Gambar dari : SATRIA DARMA & MUCH. KHOIRI DitPSMK P4TK Depok 25 November 2015

MARI... KITA MAJUKAN BANGSA KITA DENGAN MEMBUDAYAKAN MEMBACA DAN MENULIS. Demikian artikel yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan mampu menginspirasi.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "LITERASI (Mari Budayakan Membaca dan Menulis)"

Unknown mengatakan...

Inspiratif tulisannya 👍👍👍
Jadi banyak muncul ide2 kegiatan literasi 😁🌈